Masya Allah, Tumbuhan sebagai Penghasil Energi dan Oksigen Dijelaskan Alquran dan Sains

Umatuna.com, JAKARTA - Di Bumi terdapat ciptaan Allah selain manusia, yakni hewan dan tumbuhan. Dalam bidang sains atau ilmu pengetahuan, diketahui bahwa tumbuhan sebagai penghasil energi dan oksigen.

Buku Tafsir Ilmi 'Penciptaan Manusia dalam perspektif Alquran dan Sains' yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkap salah satu ayat Alquran.

"Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu," Surah Ya Sin Ayat 80.

Apabila dirunut ke belakang, sumber utama api alias energi yang dihasilkan oleh kayu hijau adalah energi matahari. Makhluk hidup pertama yang menangkap dan menyimpan energi matahari di Bumi ini adalah tumbuhan, utamanya mereka yang memiliki zat hijau daun atau klorofil.

Tumbuhan sebagai ciptaan Allah mempunyai klorofil yang membuatnya mampu menggunakan energi matahari dalam proses fotosintesis. Energi sinar matahari itu mengubah sumber daya menjadi energi kimia.

Proses fotosintesis terlihat pada formula berikut ini. 6H2O + 6CO2, fotosintesis, C6H12O6 + 6O2. Artinya, 6 molekul air ditambah dengan 6 molekul gas karbondioksida, atas bantuan fotosintesis yang dimungkinkan oleh sinar matahari, akan berubah menjadi 1 molekul gula dan 6 molekul oksigen.

Dalam proses fotosintesis, energi matahari digunakan untuk memasak bahan mentah yang diperoleh tumbuhan dari tanah melalui akar, menjadi makanan yang digunakan untuk tumbuh kembangnya. Dengan kata lain, energi matahari ini diubah menjadi energi kimia.

Energi kimia yang berupa karbohidrat, minyak nabati, dan vitamin kemudian dimanfaatkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Tanpa pasokan energi dari tumbuhan, kehidupan di Bumi ini mustahil dapat bertahan.

Pada masanya, pohon akan mati. Dalam proses yang berlangsung jutaan tahun, secara alamiah pohon-pohon yang mati akan memfosil dan berubah bentuk.

Pada kondisi yang tepat, pohon akan berubah di antaranya menjadi minyak Bumi, gas Bumi dan batubara. Tiga sumber energi paling dominan dalam kehidupan manusia modern. Sumber: Okezone

0 Response to " Masya Allah, Tumbuhan sebagai Penghasil Energi dan Oksigen Dijelaskan Alquran dan Sains"

Posting Komentar