140 Kartu Indonesia Sehat Dibuang di Sungai, Twitter Jokowi Dibanjiri Keluhan

Umatuna.com - Ditemukannya 140-an Kartu Indonesia Sehat (KIS) di tepi sun­gai Dusun Rejosari, Blitar, Jawa Timur membuat kaget warga nett. Yang membuat heran netizen, KIS sebagai proyek pe­merintah kenapa diserahkan pada swasta dalam distribusinya. Program pemerintah harusnya pakai jasa PT Pos Indonesia, sebagai BUMN yang menangani layanan antar-kirim barang.

Kabar adanya 140 lebih KIS yang dibuang ke sungai didapat dari warga bernama Kasih Indrawati. Ratusan KIS yang tercecer di sun­gai, kemudian difoto Indrawati dan di-upload ke grup Facebook Info Cegatan Blitar.

Foto jejeran kartu yang disusun rapi beralaskan kotak bekas itu langsung menuai banyak komentar. Saat ditemukan, kartu-kartu pent­ing tersebut diperoleh dari amplop sobek berukuran besar yang isinya berserakan di luar.

Ia mengaku memposting temuan­nya tersebut di Facebook, dengan harapan pihak yang merasa kehilan­gan dapat menemukannya kembali. Namun ternyata masalahnya tidak sesederhana itu.

Pihak Kepolisian mendatangi sun­gai yang menjadi tempat penemuan 148 Kartu Indonesia Sehat (KIS) warga Surabaya. Kapolres Blitar AKBP Slamet Waluyo menduga KIS tersebut sengaja dibuang oleh perusahaan jasa pengiriman, yang kemudian diketahui adalah JNE.

Dugaan itu muncul, jelas Kapolres, karena kondisi kartu sebagian besar masih di dalam amplop dan jarak penemuan pertama dan berikutnya hanya radius 200 meter. Ada dua tindak pidana yang diduga dilakukan oknum jasa pengiriman tersebut.

"Pertama penyidikan kasus pemalsuan data pendistribusian KIS, dan kedua penyidikan untuk kasus membuang kartu-kartu tersebut ke sungai," jelas Kapolres.

Kabar ini tentu saja membuat geram para penggiat twitter Tanah Air. Twips-sapaan pengguna Twitter mengaku prihatin dan geram dengan pelaku pembuangan KIS tersebut.

"Warga yang kurang mampu se­lalu berharap dapat KIS, tapi haknya yang harus didapat dibuang begitu saja oleh orang yang tidak bertang­gungjawab," cuit @andianzi1.

"Gimana ini pak @jokowi coba dicheck siapa dalanginya, yang ga punya saja ingin punya yang udah ada dibuang @kartu indonesia sehat," tanya @Irene74531835 me-mention akun twitter Presiden Jokowi.

Sementara akun @BidakBopeng mengetweet ada suami istri yang ribut lantaran kartu KIS yang di­tunggu-tunggu tak kunjung datang. "Suami istri ini ribut gegara kartu KIS, 2 tahun ditunggu, ternyata kartu dibuang di Blitar. Pak @ jokowi kemana?," timpalnya.

Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, selaku penang­gungjawab proyek KIS menyalah­kan pihak JNE. Sebab untuk distri­busi KIS di wilayah tersebut, BPJS memakai jasa JNE untuk pengiriman fisik kartu.

"Sudah kami cek, bahwa yang dari daftar nama-nama yang (kartu JKN-KIS) ditemukan di Blitar, masuk da­lam daftar delivery JNE," kata Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional VII Jawa Timur Handaryo.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat meminta JNE bertang­gung jawab terhadap oknum kurir yang diduga menyalahi prosedur pengiriman KIS tersebut. "Kami minta tanggung jawab JNE sep­erti antisipasi tindakan tersebut, dan melakukan evaluasi tidak terulang lagi," kata Nopi.

Akun @wisdomandintegrity jus­tru mengkritik BPJS Kesehatan yang memakai jasa JNE untuk program strategis pemerintah. "Lah kenapa pakai jne. Pos indonesia kemana? Ini sih kelalaian bpjs," kritiknya.

"Main buang aje...., lagian knp tdk pakai kantor pos ?.." kicau akun @om_don

"BPJS juga bloon knp dekumen negara pake kurir swasta Dan perintah punya POS INDONESIA...kpk per­iksa pejabat BPJS pasti ada permainan harga," timpal akun @dedesuara.

"Pakai jasa dari bumn dong.... ada kantor pos, jasa pos lebih baik....," kicau akun @ktriardi. “Benar. Pake pos aja...milik pemerintah,” timpal akun @parwathadjanggo.

"Dalam kota mending pake gojek/ grab untuk kirim paket, lebih cepat dan bisa langsung di track. Luar kota sekarang J & T pelayanannya memuaskan. Kalau nggak ada J & T, mending pilih Pos deh..," usul akun @cherbonze1.

Akun @ojan21 meminta pemer­intah untuk menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran, agar ke depan lebih memilih POS Indonesia seba­gai pengirimnya. Sebab biasanya usaha pengiriman swasta menang­nya di kota, tapi kewalahan ketika mengirim ke alamat-alamat di desa. Sementara POS Indonesia kata dia bagaikan BRI atau Polsek yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Lain kali pake pos Indonesia aja. Lebih detil dan tau daerahnya, kalau JNE menangnya di kota besar saja kalau udah ke desa, cabang kecil dan kurir suka tidak amanah makanya nggak jarang JNE cabang kota kecil suruh sendiri ambil barangnya ke loket via telpon/ sms," tulisnya.

Beda lagi di kolom komentar media online. Sebagian besar ko­mentator langsung blak-blakan menghakimi perusahaan jasa kurir yang bertanggung jawab mengirim JKN-KIS tersebut. "JNE berpolitik tuh," tuding akun @iwan2121.

"Wah dokumen negara ini, pro­gram unggulan Jokowi pula, jangan-jangan kurir nya ikutan politik praktis nih, wkwkwk," timpal @ aris_ramadhan, senada.

"Jadi curiga nih sama JNE. JNE ada niat menghambat program pe­merintah. Soal nya yang di buang kartu KIS," curiga akun @poni­manmiredjo.

Akun @indrafuu tampak mak­lum dengan layanan JNE yang sedemikian rupa, namun tidak menyangkut-pautkannya dengan persoalan politik. Sebab kejadian yang kurang lebih sama sudah sering terjadi. Hanya saja menurutnya, kali ini lebih parah.

"JNE sering males antar kiriman, alasan alamat gak jelas lah, disu­ruh ambil sendiri. ini lebih parah, dibuang, hadeeh," keluhnya.

Seperti curhat akum @jhonyo­mega1982. "JNE pernah kejadian menimpa saya gak sampai eh di chek ternyata udah diterima. Tapi gak tau siapa yang terima dan nama yang terima gak ada di sekitar alamat kita kok bisa ya, JNE sudah banyak masalah cabut saja izinnya," usul dia. Sumber: Rmol

COMMENTS

[Artikel Menarik Lainnya]$hide=home

|TERBARU$type=blogging$cate=2$count=11$pagination=5$author=hide$comment=hide$label=hide$hide=home

Nama

121,10,1212,12,2017,1,21 februari,20,212,61,212mart,3,313,53,412,2,aa gym,22,Aboe Bakar Alhabsyi,5,aceh,15,acta,12,ade armando,10,adi prayitno,2,adik ipar jokowi,4,afi nihaya,20,Agus Hermanto,1,agus yudhoyono,1,aher,3,ahmad dhani,5,Ahmad Doli Kurnia,19,ahmad ishomuddin,14,ahmad yani,1,ahmadiyah,1,ahok,831,ahoker,141,ahy,1,aidit,1,akbar tanjung,2,aking saputra,1,aksi 112,38,aksi 287,12,aksi bela ulama,15,aksi simpatik 55,120,aktivis 98,2,al quran,10,aleppo,2,alfian tanjung,6,aliansi anak bangsa,1,Allan Nairn,1,am fatwa,2,amerika,11,amien rais,70,amir hamzah,2,amsa,1,anak ahok,1,anak durhaka,1,ancaman pembunuhan,1,andi analta,1,Andre Rosiade,1,aneh,1,anggota dewan,2,angket ahok,3,angola,1,anies baswedan,45,anis baswedan,1,anthony leong,1,anto galon,5,anton charliyan,64,anton galon,3,anton tabah,11,api,5,arab saudi,3,arifin ilham,22,aron ashab,4,artis,1,aseo warkab yusuf,1,ashin wirathu,1,asing,8,athian ali,5,atribut natal,22,australia,2,austria,1,bachtiar nasir,50,baiq nuril maknun,3,bali,1,bambang widodo,1,bandung,5,banjir jakarta,17,banyuwangi,2,bappenas,1,batam,1,bbm,4,bedera tauhid,1,bekasi,2,belgia,1,bella hadid,1,bendera asing,3,bendera cina,5,bendera merah putih,10,bendera rms,1,beras maknyus,6,bima arya,2,blbi,2,bnn,1,bnpb,1,bogor,4,bom panci,1,Boni Hargens,3,bpjs,6,bps,1,bukit duri,1,bumn,19,buni yani,18,buruh,7,buwas,1,buya yahya,2,cabai,6,cabai cina,13,cadar,1,caisar,11,cak imin,1,cak nun,1,cakrawala,103,cakung,1,california,1,ciamis,1,cilacap,1,cina,256,coca cola,1,daeng,2,dahnil anzar simanjutak,5,damai hari lubis,1,dana haji,43,darmansyah,1,darwis,1,ddii,2,debat pilkada jakarta 2017,12,deddy arianto,1,deddy corbuzer,1,deddy mizwar,2,dede yusuf,1,dedi mulyadi,4,demo 161,4,demo buruh,3,demo jokowi mundur,5,demo solidaritas rohingya,6,demo tolak tka cina,1,demokrat,3,denmark,1,denny ja,1,desmond j mahesa,1,didin hafidhuddin,2,didit srigusjaya,1,din syamsudin,38,djan faridz,29,djarot,61,djoko edhi abrurrahman,3,donald trump,24,dpn spri,1,dpr,5,dubes rusia ditembak,2,dwi estiningsih,2,e-ktp,35,eddy prabowo,1,eggi sudjana,5,eko patrio,1,ekonomi,95,elpiji,1,erdogan,25,erick yusuf,2,ermus sihombing,1,ernest,4,facebook,1,facebook jonru,1,fadli zon,108,fahira idris,11,fahmi salim,3,fahri hamzah,59,Faisal Basri,1,faizal assegaf,6,fakta,1,farid wajdi,1,fbi,2,felix siauw,14,Ferdinand Hutahaean,2,fifi,1,filipina,1,fiqih,1,fitra,1,fkub,1,foto,18,foto jokowi-jk,1,fpi,148,fpu,1,freeport,37,fsi,1,fui,9,game,1,garam,2,garut,1,gas,3,gas impor,2,gatot nurmantyo,78,gema pembebasan,1,geprindo,1,gerindra,16,gib,1,gibran,1,gnpf mui,80,golkar,7,gp ansor,24,gpii,1,gresik,1,gula,10,guru,1,gus dur,3,gus nizar,2,gus sholah,3,habib kholil,2,habib novel,20,habib rizieq,288,habibie,4,habiburokhman,1,hadits,1,haji,4,haji lulung,17,ham,1,harga garam naik,36,hari tanoe,1,haris,1,hary tanoe,5,Hasto Kristiyanto,2,hasyim muzadi,5,hendrardi,1,heri prakoso,1,herman khaeron,1,hermansyah,35,hermanto,1,hidayat nur wahid,57,hikmahanto juwana,1,hipmi,1,hmi,4,hoax,2,hong kong,1,hti,64,hungaria,1,icmi,15,ilc,2,imam nahrawi,1,imm,1,impor,1,indef,1,india,4,indonesia,1624,inggris,3,internasional,265,inul daratista,5,ipw,2,irena handono,2,Islamophobia,2,ismail yusanto,2,israel,9,istri ahok,1,italia,2,itb,1,iwan bopeng,8,iwan sumule,1,jaja miharja,2,jakarta,134,jaksa agung,2,jamaah tabligh,1,jambi,2,jawa barat,1,jawara bekasi,3,jawara betawi,4,jaya suprana,1,jazuli juwaini,6,jeje zaenudin,1,jember,1,Jenderal Tyasno,4,jepang,1,jhonny andrean,2,Jimly Asshidqie,3,jj rizal,2,jk,6,jokowi,459,jokowi undercover,2,jps,1,junaedi albaghdadi,1,jusuf hamka,5,kaesang,24,kahmi,4,kalimantan,1,kammi,12,kanada,1,kapolda metro,15,kapolda sumut,2,kapolri,27,karawang,1,karikatur,9,karomah,1,kasmir,1,kasta,1,katar,1,kau adalah aku yang lain,13,keluarga,1,kemenkeu,1,kemenkumham,3,kemnaker,1,kesehatan,5,khalid basalamah,1,khazanah,18,Kiki Syahnakri,7,kisah,5,kivlan zein,1,kmsu,1,knpi sumut,4,kokam,3,kolombia,1,komedi,1,komnas ham,30,kompak,1,kompas,2,komtak,1,komunis,288,koperasi 212,5,korea selatan,2,korupsi,14,kp31,1,kpk,25,kpsi,1,kpu dki,6,kriminalisasi ulama,42,kristenisasi,3,kspi,2,Kwik Kian Gie,1,lampung,3,lbh jakarta,4,lgbt,2,lia eden,1,liberalisme,2,Lieus Sungkharisma,23,lily wahid,1,limbad,2,lindsay lohan,11,lipi,2,listrik,29,lombok,1,london,6,lphb nu,1,lsi,2,lubuklinggau,30,luhut,21,lukman hakim,3,lumajang,1,lutfi fathullah,1,m nasser,1,m prasetyo,1,ma'ruf amin,39,mahasiswa,18,mahasiswa nu,1,mahfud md,10,makar,22,makassar,2,makkah,1,malaysia,4,manado,1,margarito,2,Margarito Kamis,2,marlo sitompul,1,maroko,1,marzuki alie,1,mataram,1,maulid nabi,1,medan,5,media islam,13,megawati,46,meikarta,3,meksiko,1,menag,11,menaker,3,mendagri,39,menhan,4,merdeka,1,metro tv,8,Miftachul Akhyar,1,miras,4,miryam,13,mmi,2,mobil fpi,5,mpr,11,ms kaban,1,mualaf,52,Muchtar Effendi,1,mudzakir,3,Muhammad Al Khathtath,35,muhammad maksum,1,muhammad syafii,11,muhammadiyah,60,muhasabah,1,mui,136,munarman,7,muslim arbi,4,muslim uighur,7,muslimah,1,myanmar,11,naman sanip,2,narkoba,29,nasir djamil,5,Natalius Pigai,2,nathan p suwanto,7,nelayan,11,neno warisman,1,neoliberalisme,2,neta,1,new york,1,noorsy,1,novanto,35,novel baswedan,72,nu,39,nurul fahmi,13,nusron wahid,4,obama,2,oesman sapta,2,olahraga,1,ombudsman,2,opini,1,ormas asing,14,ormas gmbi,36,ornamen alexis,2,pabrik gula,8,pacaran,1,padang,1,pajak,1,pajak petani tebu,10,pajak tanah,2,pakistan,3,palangkaraya,1,palestina,27,pan,2,papua,2,parepare,1,parmusi,8,paspor,1,patrialis akbar,5,paul pogba,3,pbnu,4,pdip,25,pedoman ceramah,1,Pedri Kasman,3,pekerja asing,42,pekerja cina,66,pemblokiran telegram,3,pemuda pancasila,1,pendataan ulama,9,pendeta max,3,pendidikan,28,pengacara ahok,4,pengelolaan pulau,11,penjahat cyber asal cina,23,pepen,1,perampasan tanah,2,permen narkoba,1,perppu ormas,50,persis,1,petani,33,petung cina,1,pilkada dki 2017,136,pkb,5,pki,82,pks,15,pmii,1,pmkri,1,polisi,78,polisi santri,1,politik,1,ponpes habib rizieq,7,ppp,19,prabowo,18,Prabowo Argo Yuwono,1,prancis,1,profil,1,progres 89,3,progres 98,2,pt conch,1,puan maharani,1,puasa arafah,3,puisi,1,purbalingga,2,qatar,3,rachel maryam,1,rachmawati soekarnoputri,9,raja salman,29,ramadhan,23,ratna sarumpet,3,red army,1,reklamasi,81,retail,1,ridwan kamil,6,ridwan saidi,3,risma,1,rizal ramli,17,rob reiner,1,Rocky Gerung,1,rohingya,263,rohis,1,rokok,5,Romli Atmasasmita,1,ruhut sitompul,4,rusia,1,rusun rawa bebek,9,sabu,5,sad,4,said aqil,25,sains,1,Saleh Partaonan Daulay,1,samarinda,1,sambas,1,samyang mengandung babi,8,sandiaga uno,15,santa clara,5,sapma pp,1,saracen,1,sari roti,5,sby,23,sejarah,20,sejarah hari ini,3,selebaran tolak wahabi,5,selebriti,3,sembako murah,14,seri ceramah ramadhan,1,sidang ahok,389,sidang habib rizieq,3,sijunjung,1,singapur,3,siyono,6,skotlandia,1,slovakia,1,sobari,1,sodik mudjahid,7,solo,2,spanyol,3,sri bintang pamungkas,3,sri lanka,6,sri mulyani,10,srilangka,1,starbuck,15,steven hadisurya,5,stnk,16,subang,1,suciwati,2,sukabumi,2,sulawesi,1,sumbar,3,sumber waras,4,sumsel,1,surabaya,5,suriah,4,susi pudjiastuti,2,suu kyi,3,swedia,1,syafii maarif,1,syiah,19,tamasya al maidah,10,tasik,1,Taufik Ismail,11,teknologi,7,tengku zulkarnain,6,tepuk anak soleh,3,teror mobil terbakar,8,teror posko fpi,4,terorisme,7,teungku zulkarnain,2,timnas,1,tiongkok,2,tito karnavian,44,tka,41,tni,27,tommy soeharto,1,Trimoelja D Soerjadi,2,tuban,9,tunisia,1,turki,10,tweet aa gym,14,tweet akmal sjafril,18,tweet fadli zon,1,tweet fahri hamzah,3,tweet felix siauw,11,tweet haji lulung,1,tweet media islam,1,tweet teungku zulkarnain,89,tweet zaitun rasmin,3,twitter fpi,3,uandri susanto,1,uang rupiah baru,3,ui,1,uin,2,umj,1,unik,1,unpam,4,ust. sambo,2,ustadz abu bakar ba'asir,4,utang negara,7,uus,3,vaksin rubela,9,valentine,8,victor,3,video,64,video instagram,2,video kampanye ahok,18,vietnam,4,visa asing,9,watampone,1,wawasan,12,widodo,4,wiranto,7,wiryanto,1,wortel cina,3,yahudi,5,yaman,1,yandri susanto,1,yanuar ilyas,1,Yasonna Laoly,3,yayasan kasih anugerah,5,yenny wahid,2,yesus,1,ykub,1,ykus,8,yosonna,1,yusril mahendra,28,zainal majdi,1,zainul majdi,19,zaitun rasmin,4,zakat,1,zakir naik,37,Zeng Wei Jian,2,zimbabwe,2,zulfan lindan,1,zulkifli hasan,39,
ltr
item
Umatuna.com: 140 Kartu Indonesia Sehat Dibuang di Sungai, Twitter Jokowi Dibanjiri Keluhan
140 Kartu Indonesia Sehat Dibuang di Sungai, Twitter Jokowi Dibanjiri Keluhan
https://3.bp.blogspot.com/-QUHvE_Wetkk/WXqzFDLv-gI/AAAAAAAAQU0/muj6CiwFHuUnRo1ZXEMSOqbIHPyv8ql2wCLcBGAs/s320/289446_09063528072017_143-KIS-Ditemukan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-QUHvE_Wetkk/WXqzFDLv-gI/AAAAAAAAQU0/muj6CiwFHuUnRo1ZXEMSOqbIHPyv8ql2wCLcBGAs/s72-c/289446_09063528072017_143-KIS-Ditemukan.jpg
Umatuna.com
http://www.umatuna.com/2017/07/140-kartu-indonesia-sehat-dibuang-di.html
http://www.umatuna.com/
http://www.umatuna.com/
http://www.umatuna.com/2017/07/140-kartu-indonesia-sehat-dibuang-di.html
true
3071743323913161432
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy